Cara Ampuh Mengelem Body Motor Pecah dan Retak

Cara Ampuh Mengelem Body Motor Pecah dan Retak

BandungBarat.Net - Memang risih kalau cover body motor kita pecah, patah, semplak, atau retak. Bikin kita puyeng kalau mesti mengganti dengan yang baru. Sebab mau tidak mau kita harus merogoh kocek yang lumayan menguras kantong. Apalagi kalau mau ganti dengan barang orsinil, agak mahal.

So, pilihan terakhir tentu kita pakai cara sederhana dan hemat. Yakni dengan cara menyambung dan merekatkan menggunakan lem alias dilem. Banyak pilihan lem yang biasa digunakan, dan jenisnya pun beragam. Namun kebanyakan yang saya temui, banyak teman-teman saya yang memakai lem dengan merk "super glue" atau "power glue" atau lem yang sejenisnya. Beda-beda sih kalau menyebut merk di tiap daerah. Bahkan kalau tidak salah ada yang menyebutnya lem setan. Pokoknya jenis lem cair (encer tidak kental) dan kalau terkena tangan akan terasa panas dan langsung kering mengeras seperti semen.

Kaitannya dengan mengelem cover body motor yang patah, disini kami mempunyai tips khusus agar pengeleman yang dilakukan lebih maksimal dengan hasil yang kuat dan kokoh. Alias kecil kemungkinan copot dan patah kembali pada bagian bekas sambungan atau tambalan. Sebab pengalaman penulis pribadi, dulu, sebelum menggunakan cara ini, setiap ngelem dengan lem setan tadi, memang hasilnya rekat dan kuat dibanding lem lainnya, tapi setelah beberapa waktu suka patah kembali pada bagian sambungan. Atau malah pas sedang ngelem, sulit nempel karena objek yang dilem agak bandel. Tapi dengan cara ini rasanya akan lebih baik.

Bahannya?
Ya menggunakan lem setan tadi. Dengan merk yang saya sebutkan diatas atau sejenisnya. Selanjutnya sediakan pula busa bekas rokok, beberapa biji atau bisa disesuaikan kebutuhan. Jika tidak ada busa rokok, bisa menggantinya dengan tisu, tepung, atau abu gosok. Tapi pengalaman penulis, pakai busa rokok lebih bagus.

Caranya?
1. Tinggal dioleskan lem pada bagian yang ingin direkatkan. Pastikan menempel secara pas dan benar-benar nempel.

2. Oleskan lem pada sambungan yang ada di cover body bagian belakang (jangan di bagian depan, nanti merusak pemandangan body motor)

3. Setelah itu tempelkan busa rokok yang sebelumnya telah dicabik-cabik diatas alur lem. Lantas lumuri dengan lem lagi pada busa rokoknya. Bisa didouble beberapa kali, sesuai kebutuhan. Saat dilumuri lem, busa rokok akan terlihat ada asapnya akibat reaksi kimia dengan lem. Dan pada sambungan cover body akan terasa panas. Lem dan busa rokok akan cepat mengering dan mengeras sekali. Beda dengan mengelem tanpa busa, si lem setan akan lama mengering.

Cara Ampuh Mengelem Body Motor Pecah dan Retak2



4. Selesai. Insyallah kuat.

Namun bila pembaca ingin hasilnya lebih maksimal dan niat ingin mengelem biar sekokoh mungkin, hasil lem busa rokok tersebut bisa ditimpa kembali dengan lem lilin. Nah dijamin KOKOH. Setidaknya itu pengalaman penulis.

Cara Ampuh Mengelem Body Motor Pecah dan Retak3

Selamat mencoba!**
(rm)

Klik untuk berkomentar