Ngetren! Danau Wakadobol di Batujajar Jadi Incaran Pemburu Selfie

Foto Danau Wakadobol Batujajar

BandungBarat.NET, BATUJAJAR ~ Beberapa waktu terakhir ini aktivitas netizen di Bandung Barat banyak yang mengunggah foto-foto selfie dengan latar sebuah danau yang airnya berwarna hijau. Sekilas foto-foto tersebut seperti sedang berada di Kawah Putih Ciwidey atau di Tangkuban Perahu Lembang. Bahkan sebagian netizen lain ada yang bilang mirip dengan danau Kalimutu di Flores.

Nah, sebenarnya di manakah Danau Wakadobol itu?

Danau Wakadobol terdapat di Desa Giriasih Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Danau Wakadobol adalah sebuah danau yang baru-baru ini hadir di tengah masyarakat. Danau ini bukanlah danau yang sudah lama ada, melainkan danau baru yang terbentuk akibat aktivitas galian penambangan pasir. Cekungan yang terbentuk kemudian menampung air hujan. Akhirnya terbentuklah endapan air yang kemudian menjadi sebuah danau.

Menariknya, danau ini sebenarnya berada di lingkungan penambangan yang masih aktif melakukan aktivitas tambang. Dan bukan merupakan objek wisata. Bahkan larangan keras terhadap kunjungan sudah terpampang pada papan pengumuman. Berbahaya. Tapi begitulah, animo masyarakat memang sulit dibendung. Semakin dilarang biasanya malah semakin ngeyel dan penasaran.

Pengunjung Wakadobol

Alhasil, setiap hari tempat ini ramai didatangi pengunjung. Bahkan saking ramainya aktivitas pengunjung, area di sekitar lokasi dan di sepanjang jalan menuju lokasi sudah banyak dijajaki para pedagang. Warung-warung dadakan berjejer.

Di pencarian google tertanggal pada 18 Agustus 2016, terdapat sekitar 6.330 hasil tentang pencarian Wakadobol. Ini menunjukan banyak netizen yang penasaran dan mencari informasi tentang Danau Wakadobol yang ada di Batujajar ini.

Selfie Wakadobol

Disini frame untuk berfoto memang asik. Ada beberapa sudut yang apabila kita berfoto disana, kita seolah berfoto di tempat terkenal semacam danau kalimutu flores. Tapi, jika kita melihat lingkungan aslinya, disana sebenarnya tidak tertata dan tidak terlalu kondusif. Sebab nampak terlihat alat berat dan mobil-mobil besar berlalu lalang mengangkut pasir.

Tambang Pasir Wakadobol

Rute Menuju Danau Wakadobol

Jika dari arah Padalarang atau Cimahi, kita bisa mengambil jalan menuju Cimareme arah Batujajar-Cililin. Dari jalan raya kita masuk gang menuju Danau Wakadobol. Lokasi Gangnya ada di sebelah kiri sebelum POM Bensin yang berhadapan dengan SMK Mahardika. Ikuti saja sampai ketemu Masjid Al-Hidayah jika menggunakan motor hanya bisa sampai parkir disitu, selebihnya harus jalan menanjak menuju lokasi. Berhubung Danau Wakadobol bukan tempat wisata, maka berkunjung kesana tidak ditarif biaya, alias FREE GRATIS. Namun untuk menitipkan motor siapkan saja uang parkir kisaran Rp. 2000,-.

Jika menggunakan kendaraan umum dari arah padalarang berhenti di Cimareme kemudian naik angkutan menuju arah Batujajar atau Cililin. Dan jika dari terminal Leuwi Panjang hanya satu kali naik kendaraan bis 3/4 jurusan Leuwi Panjang – Sindangkerta. Jangan bawa mobil ke tempat ini, sebab danau wakadobol tidak bisa diakses oleh kendaraan roda empat, kecuali mengambil jalur yang biasa dipakai kendaraan berat, itu pun jalannya jelek.

NB: Mengingatkan, Wakadobol bukan tempat wisata dan tidak direkomendasikan untuk dikunjungi sebagaimana dalam papan pengumuman yang tertera di lokasi.

wakadobol bahaya

Klik untuk berkomentar