Ketum KEMBARA: Bangsa Ini Merdeka Oleh Orang Terdidik

Ketum KEMBARA: Bangsa Ini Merdeka Oleh Orang Terdidik

SIARAN PERS: SEMINAR PENDIDIKAN
Oleh : Ahmad Zaenudin (Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Mahasiswa Kabupaten Bandung Barat/ KEMBARA)

Assallammu’alaikumWr.Wb
Beberapa hari ke belakang bahkan kurang lebih satu minggu ke belakang kita tengah memeriahkan hari dimana bangsa ini terbebas dari kolonial penjajahan. Mudah-mudahan dengan adanya hari kemerdekaan ini pendidikan kita ikut merdeka, meningkat, serta menjadi pendidikan yang memanusiakan manusia. Khususnya pendidikan di daerah kita tercinta, Kabupaten Bandung Barat.

Disadari atau tidak, perjuangan dalam mencapai kemerdekaan Indonesia dapat terwujud dikarenakan adanya “jiwa yang merdeka” pada setiap diri anak bangsa Indonesia. Agar jiwa merdeka itu berkembang, maka harus ditanam pula jiwa nasionalismenya. Hanya orang-orang yang berjiwa merdeka saja yang sanggup berjuang menuntut, dan selanjutnya mempertahankan kemerdekaan.

Menanamkan jiwa merdeka dan jiwa nasionalisme seharusnya dimulai sejak dini. Syaratnya yaitu pendidikan harus memerdekakan dan menuntun terbentuknya semangat nasionalisme. Apabila hal itu tidak terwujud, bagaimana kita mau memerdekakan bangsa kita? Bagaimana kita mau memepertahankan kemerdekaan bangsa ini?

Ada sebuah pepatah, "sebelum kita menggerakan dunia ini maka gerakanlah diri kita terlebih dahulu."

Kemerdekaan bangsa dan negara ini diperjuangkan oleh manusia-manusia terdidik. Pendidikan adalah kunci penting meraih kemerdekaan. Pendidikan juga menjadi kunci penting untuk meraih kemajuan bangsa. Dan untuk membuat bangsa kita minimal bisa sejajar dengan bangsa-bangsa lain, maka dengan adanya seminar pendidikan ini kita mampu membangun budaya pendidikan dengan kerangka internalisasi nilai-nilai pendidikan yang berkarakter baik, bermental kuat karena semuanya berawal dari pendidikan. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memanusiakan manusia bukan pendidikan yang menindas kemanusiaan. Karena hak mendapatkan pendidikan sudah jelas hak seluruh warga Negara Indonesia.

Tapi lantas kenapa pemerataan pendidikan tidak merata bahkan belum tersentuh semuanya, terutama daerah-daerah pelosok? Hal tersebut saya rasa masih menjadi pekerjaan rumah aparat pemerintahan yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya di Bandung Barat.

Maka dengan itu mari kita kobarkan niat kita dalam menopang pendidikan yang baik dan bersih tanpa embel-embel. dan kita sadari bersama kesejahteraan terutama dalam bidang pendidikan merupakan tugas kita bersama tidak hanya aparat pemerintahan yang bergelut didalamnya justru kita juga mempunyai peranan masing-masing dalam mencerdaskan anak bangsa

Semua orang mempunyai peranan masing-masing. Maka dengan itu mari kita mainkan peranan kita.
Wallohul Muwafiq ila aqwamithoriq, Wassalam.
(rm)

Klik untuk berkomentar