Longsor di Lembang KBB, Empat Orang Tewas, Ini Kronologinya!

Longsor di Lembang KBB, Empat Orang Tewas, Ini Kronologinya!
Sumber: Kompas.com
  
BandungBarat.NET - Sebuah mobil berpenumpang empat orang ditemukan ringsek setelah tertimbun longsor di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Kramat RT 07 RW 06, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kepala Polres Cimahi AKBP Ade Ary menjelaskan, kejadian bermula saat daerah Kolonel Masturi diterjang tanah longsor, Minggu (13/11/2016). Saat itu, ada tiga titik gerakan tanah yang berlokasi di penginapan Imah Seniman, di depan Vila Ganesha dan samping Villa Pleasant Hill. Jarak tiga lokasi itu berdekatan.

"Yang pertama longsoran jurang di bawah jalan pada pukul 15.30 WIB. Ketinggian longsor 70 meter dan lebar 15 meter. Selanjutnya ada longsor susulan dari tebing atas jalan pada pukul 19.15 WIB (samping Vila Pleasant Hill, serta pukul 21.30 WIB," ujar Ade, Selasa siang.

Ade menjelaskan, petugas langsung mengambil tindakan dengan melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas.

"Pada longsoran pertama jalan masih berfungsi separuh (dilakukan buka tutup jalan)," ucapnya.

Saat longsoran kedua dan ketiga terjadi, material longsor menutup seluruh badan jalan. Melihat kondisi itu, petugas pun langsung menutup arus lalu lintas.

"Atas pengamatan situasi pada hari Senin, tebing di atas jalan ada pergerakan tanah dan terjadi retakan. Atas dasar hasil rapat Kapolsek, Danramil, Camat, PNPBD dan aparat desa, diputuskan tidak ada tindakan selama dua hari karena berbahaya (kondisi tanah masih labil)," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Barat, Dicky Maulana menjelaskan, pada Selasa (15/11/2016) pagi, sejumlah warga melaporkan telah kehilangan keluarganya.

Mereka menduga bahwa korban terbawa longsor, sebab sejak Minggu sore keempat orang tersebut tak bisa dihubungi.

Setelah melakukan pencarian, petugas menemukan sebuah mobil Toyota Kijang warna putih bernomor polisi F 777 WW tertimbun longsor di sebuah jurang di area penginapan Imah Seniman.

"Kami tidak tahu ada korban karena tidak ada saksi dan tidak ada tanda-tanda korban," ujarnya.

Dengan melibatkan sekitar 200 petugas gabungan, proses evakuasi korban dilakukan mulai pukul 09.00 WIB. Sekitar pukul 14.30 WIB, empat penumpang mobil yang seluruhnya warga Kabupaten Bandung Barat, ditemukan tewas dan langsung dibawa ke rumah duka.

"Jadi kami duga mobil ini terseret saat longsoran pertama Minggu (13/11/2016). Mobil ini terseret dari tebing setinggi 60 meter. Ada empat orang korban, seluruh korban dipastikan tewas," ungkapnya.
(sumber: Kompas.com)

Klik untuk berkomentar