6 Tokoh Ini Pernah Jadi Calon Bupati KBB, Bagaimana Mereka Sekarang?

Calon Bupati KBB
BandungBarat.NET - Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu kabupaten baru di Jawa Barat yang berdiri pada tahun 2007. Saat pertama kali didirikan, kabupaten ini dipimpin oleh pejabat sementara yakni Drs. H. Tjatja Kuswara, SH. MH. yang dilantik pada tanggal 19 Juni tahun 2007.

Setelah selama satu tahun jabatan bupati diduduki oleh pejabat sementara, maka selanjutnya jabatan bupati Bandung Barat diduduki oleh Bupati hasil dari pemilu.

Sampai saat ini Kabupaten Bandung Barat telah melaksanaan dua kali pemilu. Pemilu pertama dilaksanakan tahun 2008 pada tanggal 8 Juni. Pada pemilu ini diikuti oleh dua pasang calon bupati. Sedangkan pemilu kedua dilaksanakan tahun 2013 dan diikuti oleh lima pasang calon bupati.

Siapa saja mereka? Tentu masyarakat KBB sudah pada hafal siapa saja mereka. Berikut ini adalah 6 Tokoh Yang Pernah Mencalonkan Diri Menjadi Bupati Bandung Barat:

1. AGUS YASMIN


Agus Yasmin
Lahir di Bandung pada tanggal 4 Juni 1965. Ia merupakan politisi yang sudah lama berkancah di perpolitikan seputar wilayah Jawa Barat. Untuk di Bandung Barat sendiri, ia pernah mencalonkan diri menjadi Bupati Bandung Barat berpasangan dengan Haris Yuliana pada pemilu pertama tahun 2008. Namun ia gagal dalam pemilu tersebut.

Ia kemudian maju kembali pada pilkada kedua Kabupaten Bandung Barat tahun 2013. Namun saat itu ia hanya maju sebagai calon wakil bupati saja mendampingi Djamu Kertabudi. Sayangnya, lagi-lagi jalannya terganjal. Ia tidak lolos menjadi orang nomor dua di KBB.

Lantas bagaimana kabarnya sekarang? Terakhir ia muncul ke permukaan pada pemilu Kabupaten Bandung tahun 2015 lalu. Ia mencalonkan diri menjadi wakil bupati mendampingi KH. Sofyan Yahya. Namun keberuntungan masih belum berpihak padanya. Ia kembali gagal di pilkada Kabupaten Bandung tersebut.

2. PANDJI TIRTAYASA


Pandji Tirtayasa
Beliau adalah Drs. H. Pandji Tirtayasa, M.Si. adalah salah seorang yang pernah "nyalon" menjadi Bupati di Bandung Barat pada pilkada KBB tahun 2013. Saat itu, pria kelahiran 12 Januari 1954 ini maju sebagai calon Bupati berpasangan denga Kusna Sunardi dari jalur independen.

Lantas bagaimana kabarnya sekarang? Ternyata, gagal dalam pilkada Bandung Barat justru tidak membuatnya tenggelam. Pasalnya pria yang pernah jadi Ketua Bappeda Kabupaten Serang ini justru kini menjadi wakil bupati di Kabupaten Serang Banten pada ajang pilkada Kab. Serang tahun 2015 mewakili Ratu Tatu Hasanah.

3. AEP NURDIN


Aep Nurdin
Pria kelahiran Bandung 15 Agustus 1972 itu memiliki nama lengkap Aep Nurdin, S.Ag, M.Si. Ia merupakan calon Bupati Bandung Barat pada pemilu KBB tahun 2013. Kala itu ia berpasangan dengan Kosasih. Namun sayang, pria yang sebelumnya merupakan Anggota DPRD Bandung Barat itu terpaksa harus gigit jari karena gagal menjadi Bupati.

Lantas bagaimana kabarnya sekarang? Setelah gagal menjadi Bupati pada pilkada 2013, beliau kembali meramaikan kembali perpolitikan di KBB. Pada tahun 2014 beliau "nyalon" kembali menjadi Anggota DPRD KBB. Dan untungnya, ia lolos kembali menjadi Anggota Dewan di Bandung Barat untuk periode 2014-2019.

4. DJAMU KERTABUDI


Djamu Kertabudi
Djamu Kertabudi adalah calon Bupati Bandung Barat tahun 2013 yang berpasangan dengan Agus Yasmin sebagai calon Wakil Bupati. Sosok yang pernah malang melintang di Kabupaten Bandung induk sebagai asisten administrasi ini dikenal ramah dan bijaksana.
Lantas bagaimana kabarnya sekarang? Sejauh ini, namanya tidak banyak beredar dalam kancah politik.

5. ERNI ERNAWAN


Erni Ernawan
Bernama lengkap  Dr. Hj. Erni Rusyani, SE.,MM. Ibu Erni (begitu ia disapa) adalah istri dari Ernawan Natasaputra yang pernah menjadi Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat pertama. Tak heran bila kemudian namanya lebih dekat disapa Ibu Erni Ernawan.

Erni Ernawan pernah maju mencalonkan diri sebagai Bupati Bandung Barat pada pemilu tahun 2013. Kala itu ia berpasangan dengan Syamsul Ma'arif. Namun sayang, perempuan asli cililin itu gagal menjadi orang nomor satu sekaligus perempuan pertama yang menjadi Bupati di Bandung Barat.

Lantas bagaimana kabarnya sekarang? Saat ini Beliau telah aktif di berbagai institusi Pemerintah maupun Swasta.

6. ABUBAKAR


Abubakar
Bernama lengkap Drs. H. Abubakar, M.Si adalah pemenang pilkada Kabupaten Bandung Barat selama dua kali berturut-turut. Pada pemilu pertama tahun 2008 pria kelahiran 9 Desember 1952 berhasil lolos menjadi Bupati mengalahkan Agus Yasmin. Demikian pula pada pemilu tahun 2103, ia pun berhasil menjadi Bupati menyingkirkan 4 lawannya kala itu.
Saat ini, ia masih menjabat Bupati Bandung Barat sampai tahun 2018.**
(rm)

3 komentar

avatar

Untuk Bandung Barat yang lebih baik. Mudah-mudahan kedepan semakin baik.

avatar

Untuk tahun ini apakah masih ada program rutilahu khusus desa bunijaya, karna sudah beberapa periode rumah yg tidak layak huni masih banyak da tak jadi prioritas, malah yg masih layak dapat bantuan tsb

Klik untuk berkomentar