Begini Cara Warga Cisarongge CIHAMPELAS Menolak Sampah, Unik!

 Warga Cisarongge CIHAMPELAS Menolak Sampah

BandungBarat.NET ~ Sampah memang selalu menjadi permasalahan serius yang harus diselesaikan bersama . Sebab apabila tidak diantisipasi, bukan tidak mungkin kedepannya akan menimbulkan banyak bahaya. Diantaranya adalah timbulnya wabah penyakit, kerusakan lingkungan dan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir dan longsor.

Di Kecamatan Cihampelas tepatnya di Kampung Cisarongge Desa Mekar Mukti, ada hal unik yang dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi sampah. Khususnya dalam upaya membendung para oknum masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan ke curug yang mengalir ke sungai sekitar sasak bubur. Mereka memasang spanduk dan reklame bertuliskan kampanye menolak sampah dengan sindiran dan peringatan-peringatan bagi orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, khususnya ke area curug.


Di area tersebut memang kerap kali dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Nampak di tebing-tebing yang ada di samping jalan banyak sampah berserakan. Pedahal tebing tersebut merupakan jalur aliran air curug kecil yang menuju langsung ke sungai saguling.


Saat ini, di sisi jalan yang berdampingan langsung dengan tebing tersebut dipasang pagar dan jaring-jaring agar masyarakat tidak bisa membuang sampah kembali ke sana. Selain itu, dipasang pula tulisan-tulisan peringatan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.




Semoga upaya penyadaran ini bisa berjalan efektif. Bagaimana pun, menjaga lingkungan adalah tugas dan kewajiban kita semua. Yuk kita jaga lingkungan kita bersama. **
(rm)

Klik untuk berkomentar