Cara Isi Ulang Tinta Spidol Whiteboard, Efektif dan Tidak Belepotan

Isi Ulang Spidol Whiteboard
Isi ulang spidol whiteboard

Spidol whiteboard bagi beberapa kalangan terkadang bisa jadi barang yang penting dan selalu dibutuhkan. Contohnya bagi orang-orang yang berprofesi sebagai tenaga pengajar seperti guru, dosen, kyai dan lainnya, yang setiap harinya harus memberikan bimbingan dan pengajaran di kelas atau di madrasah. Penggunaan spidol dan papan tulis whiteboard pada masa sekarang lebih banyak digunakan ketimbang menggunakan kapur dan papan tulis hitam biasa.

Namun apa jadinya bila spidol yang digunakan habis? Tentu hal ini akan sangat merepotkan. Apalagi jika kita terus-terusan beli spidol baru untuk menggantinya, tentu hal ini akan cukup menguras kantong. Solusinya tentu dengan melakukan refill atau isi ulang tinta untuk menekan anggaran yang terlalu banyak.

Namun, melakukan refill spidol terkadang bikin ribet. Bagi yang tidak biasa, mengisi ulang tinta spidol kadang menemui masalah. Diantara yang jadi kendala misalnya kesulitan saat membuka tutup belakang spidol, belepotan saat isi ulang tinta, maupun over dalam pengisian tinta sehingga sering kali tinta berceceran yang membuat tinta jadi mubazir dan tidak efektif.

Oleh karena itu, trik cara isi ulang tinta spidol whiteboard yang efektif dan tidak belepotan penting untuk diketahui. Disini kami akan sedikit memberikan ulasannya.

Cara Isi Ulang Tinta Spidol Whiteboard, Efektif dan Tidak Belepotan

Ada beberpa alternatif cara agar kita mudah dalam isi ulang tinta spidol whiteboard. Disini kami akan berbagi dua cara mudah. Cara pertama, alat yang harus disediakan tentu adalah:
1. Spidol yang akan diisi ulang
2. Tinta refill (isi ulang)
3. Alat suntik
4. Tisu

Caranya penggunaanya:
Spidol kosong yang akan diisi ulang harus dilepas tutup bagian belakangnnya. Sebab pengisian tinta pada busa penyimpanan tinta yang ada dalam spidol akan dilakukan melalui lubang bagian belakang. Sehingga membuka tutup belakang bersifat wajib.

Selanjutnya, sedot tinta isi ulang yang ada dalam botol tinta dengan menggunakan alat suntik. Setelah tinta masuk ke dalam tabung suntikan, selanjutnya arahkan jarum suntikan ke busa penyimpanan tinta di dalam spidol. Usahakan dilakukan secara perlahan. Tinta yang akan disuntikan dimasukan secukupnya. Hal ini untuk menghindari kelebihan tinta pada busa penyimpanan tinta. Bila tinta dimasukan berlebih biasanya akan meluber, sehingga tinta akan banjir keluar melalui ujung spidol.

Selain itu ada cara kedua. Cara ini adalah alternatif bila kita tidak memiliki alat suntik. Yaitu cukup menyediakan bahan-bahan sebagai berikut:
1. Spidol yang akan diisi ulang
2. Tinta refill (isi ulang)
3. Kantong plastik 2 buah
4. Tisu

Caranya penggunaanya:
Spidol kosong yang akan diisi ulang harus dilepas tutup bagian belakangnnya. Sebab pengisian tinta pada busa penyimpanan tinta yang ada dalam spidol akan dilakukan melalui lubang bagian belakang. Setelah itu, kantong plastika kita jadikan sebagai sarung tangan. Tangan kiri dan tangan kanan kita dibungkus plastik. Selanjutnya keluarkan busa penyimpanan tinta dari dalam spidol.

Busa tinta kita celupkan ke dalam cairan tinta isi ulang. Dilakukan secara perlahan dan bolak-balik agar merata. Setelah selesai, masukan kembali busa tinta ke dalam spidol.

Selesai, sekarang spidol kita telah selesai diisi ulang tintanya. Bila belum faham, silahkan baca kembali Cara Isi Ulang Tinta Spidol Whiteboard, Efektif dan Tidak Belepotan. semoga bermanfaat.

Klik untuk berkomentar