Video: Ridwan Kamil Berkaca-kaca Bahas Santri dan Pesantren

Ridwan Kamil

BandungBarat.NET - Ridwan Kamil atau lebih akrab disapa Kang Emil merupakan Calon Gubernur pada Pilkada Jawa Barat tahun 2018. Ia berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya.

Ridwan Kamil memang menjadi sorotan. Beberapa hari terakhir ada sebuah video Ridwan Kamil yang beredar di masyarakat. Video tersebut merupakan tayangan penggalan pidato Ridwan Kamil pada kegiatan Rapat Akbar Pemenangan Rindu Jabar Juara yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung pada hari Kamis, 8 Februari 2018.

Dalam video tersebut, Ridwan Kamil menyatakan salah satu komitmen pentingnya. Ia menyatakan akan memberikan hadiah untuk umat islam khususnya kalangan pesantren apabila ia terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat. Yakni dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) yang akan berpihak pada santri dan pesantren. Bahkan, Ridwan Kamil menyatakan Perda tersebut akan dibuat sebagai Perda pertama apabila ia terpilih.

"Dan yang terpenting, hadiah buat kaum kami, hadiah buat almarhum kakek kami. Kami dan Pak Uu sudah sepakat, Perda pertama yang akan diperjuangkan kalau kami terpilih adalah Perda Pesantren," Ujarnya tegas.

Selain itu, Ridwan Kamil menyatakan bahwa dirinya dan Uu Ruzhanul Ulum akan memperhatikan kalangan santri. Menurutnya, saat ini perhatian pemerintah terhadap santri masih kurang.

"Tidak boleh ada lagi santri-santri yang tidak terurus (pemerintah). Tidak boleh ada lagi santri yang (terpaksa) tidur di mesjid-mesjid karena tidak ada bantuan (seperti) BOS," ujarnya dengan lirih dan penuh emosi.

"Santri pun anak bangsa Indonesia, dia harus kita bela. Insyallah, komitmen pertama kita, Pak Uu," lanjutnya.

Video ini mendapatkan sambutan positif dari kalangan masyarakat muslim. Ridwan Kamil dinilai sangat peduli terhadap kepentingan kaum pesantren.

Berikut video Ridwan Kamil:


Terkait: Ridwan Kamil, Kang Emil, Uu Ruzhanul Ulum, Pilkada Jawa Barat 2018, Pesantren, Santri, Perda Pesantren, Politik.

Klik untuk berkomentar